Jumat, 25 April 2014

Materi Pokok Manajemen Kelas

Dosen: 
Romi Ramdon Ginanjar, M.Pd. (F130PSD)



Program Studi: 
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 

Jumlah SKS: 
2 (Dua) 

Semester: 
IV (Empat)

Mata KuliahPrasarat: -

Deskripsi Mata Kuliah:



Manajemen kelas di SD tidak hanya pengaturan belajar, fasilitas fisik dan rutinitas, tetapi menyiapkan kondisi kelas dan lingkungan sekolah agar tercipta kenyamanan dan suasana belajar yang efektif. Oleh   karena itu, sekolah dan kelas perlu dikelola secara baik, dan menciptakan iklim belajar yang menunjang. Melalui mata kuliah Manajemen Kelas program studi PGSD dapat melahirkan guru-guru yang terampil dan cakap dalam pengelolaan kelas dengan kepemilikan akhlak dan moral yang baik. Mata kuliah ini mempelajari tentang definisi pengelolaan kelas, tujuan pengelolaan kelas, masalah pengelolaan kelas, pendekatan pengelolaan kelas, dan prinsip-prinsip pengelolaan kelas.



Landasan Spiritual:

Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh(QS. Ash-Shaff:4)



Standar Kompetensi:  

Mahasiswa dapat memperoleh dan memahami serta menerapkan keilmuan manajemen kelas secara komprehensif



MATERI POKOK
1.     Prinsip belajar dan keterampilan mengajar
2.     Pengertian, Tujuan dan Kegiatan dalam manajemen kelas
3.     Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kelas
4.     Aspek dan fungsi manajemen kelas
5.     Komponen-komponen keterampilan mengelola kelas
6.     Prinsip-prinsip pengelolaan kelas
7.     Pendekatan dalam manajemen kelas
8.     Masalah dalam kelas dan Upaya pemecahan masalah dalam kelas
9.     Pengaturan kondisi kelas dan iklim belajar siswa
10.  Kondisi yang mempengaruhi penciptaan iklim belajar yang kondusif
11.  Prinsip mengajar guru yang efektif dan Indikator kelas yang menyenangkan
12.  Pendekatan teknologi dalam pengelolaan kelas dan Program pendidikan teknologi dasar (PTD) SD 
13.  Pengertian Disiplin, Prinsip-Prinsip Disiplin Kelas dan Tahapan penanggulangan disiplin kelas
14.  Pengertian kelas rangkap dan Model penelitian kelas rangkap 




BUKU SUMBER

1.   Romi Ramdon Ginanjar, Bahan Belajar Mandiri Manajemen Kelas, Tangerang: PGSD FKIP UMT, 2014.·          
2.   Martinis Yamin, Dra. MaisahManajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran), GP Press, 2012.·           
3.  Carolyn M. Evertson & Edmund T. EmmerManajemen Kelas Untuk Guru Sekolah DasarPrenada Media Group, 2011.·           
4.  Sudarman Danim & Yunan Danim, Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas, Bandung: Pustaka Setia, 2010.·           
5.     Asep SuryanaManajemen Kelas. Bandung:  FIP UPI, 2007.·           
6.     Harsanto, Radno. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius2007·          
7.     Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar ayu kusuma. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD2007.·           
8.     Syaiful .B Djamarah,. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006·           
9.     Syaiful. Sagala, Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta2006.·           
10.  E. C. Wrag, Manajemen Kelas, Jakarta: Grasindo, 2004.·           
11.  Maman Rachman, Manajemen Kelas, Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, DEPDIKBUD DIKTI, 1999.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar