Dosen:
Romi Ramdon Ginanjar, M.Pd.
(F130PSD)
Program Studi:
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PGSD)
Jumlah SKS:
2 (Dua)
Semester:
IV (Empat)
Mata KuliahPrasarat: -
Deskripsi
Mata Kuliah:
Manajemen
kelas di SD tidak hanya pengaturan belajar, fasilitas fisik dan rutinitas,
tetapi menyiapkan kondisi kelas dan lingkungan sekolah agar tercipta kenyamanan
dan suasana belajar yang efektif. Oleh karena itu, sekolah dan
kelas perlu dikelola secara baik, dan menciptakan iklim belajar yang menunjang.
Melalui mata kuliah Manajemen Kelas program studi PGSD dapat melahirkan
guru-guru yang terampil dan cakap dalam pengelolaan kelas dengan kepemilikan
akhlak dan moral yang baik. Mata
kuliah ini mempelajari tentang definisi pengelolaan kelas, tujuan pengelolaan
kelas, masalah pengelolaan kelas, pendekatan pengelolaan kelas, dan
prinsip-prinsip pengelolaan kelas.
Landasan Spiritual:
Sesungguhnya Allah menyukai
orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka
seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh(QS. Ash-Shaff:4)
Standar Kompetensi:
Mahasiswa
dapat memperoleh dan memahami serta menerapkan keilmuan manajemen kelas secara
komprehensif
MATERI POKOK
1. Prinsip belajar dan keterampilan mengajar
2. Pengertian, Tujuan
dan Kegiatan dalam manajemen kelas
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi
manajemen kelas
4. Aspek dan fungsi manajemen
kelas
5. Komponen-komponen
keterampilan mengelola kelas
6. Prinsip-prinsip pengelolaan
kelas
7. Pendekatan dalam manajemen
kelas
8. Masalah dalam kelas
dan Upaya pemecahan masalah dalam kelas
9. Pengaturan kondisi kelas dan
iklim belajar siswa
10. Kondisi yang mempengaruhi
penciptaan iklim belajar yang kondusif
11. Prinsip
mengajar guru yang efektif dan Indikator
kelas yang menyenangkan
12. Pendekatan
teknologi dalam pengelolaan kelas dan Program
pendidikan teknologi dasar (PTD) SD
13. Pengertian Disiplin, Prinsip-Prinsip Disiplin
Kelas dan Tahapan penanggulangan disiplin kelas
14. Pengertian
kelas rangkap dan Model penelitian kelas
rangkap
BUKU SUMBER
1. Romi Ramdon Ginanjar, Bahan
Belajar Mandiri Manajemen Kelas, Tangerang: PGSD FKIP UMT, 2014.·
2. Martinis
Yamin, & Dra. Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran), GP Press, 2012.·
3. Carolyn
M. Evertson & Edmund T. Emmer, Manajemen Kelas Untuk Guru
Sekolah Dasar, Prenada Media Group, 2011.·
4. Sudarman Danim & Yunan
Danim, Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas, Bandung: Pustaka
Setia, 2010.·
5. Asep Suryana. Manajemen Kelas.
Bandung: FIP UPI, 2007.·
6. Harsanto,
Radno. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius, 2007·
7. Hisyam Zaini,
Bermawy Munthe, Sekar ayu kusuma. Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: CTSD, 2007.·
8. Syaiful .B
Djamarah,. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006·
9. Syaiful.
Sagala, Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2006.·
10. E. C. Wrag, Manajemen
Kelas, Jakarta: Grasindo, 2004.·
11. Maman
Rachman, Manajemen Kelas, Proyek Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, DEPDIKBUD DIKTI, 1999.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar