SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Program Studi : PGSD Hari/Tanggal : …………………
Nama Dosen : Romi Ramdon Ginanjar, M.Pd. Waktu : 100 menit
Mata Kuliah : Manajemen Kelas Sifat Ujian : Buka Catatan
Smtr/Kelas/TA : IV / A, B, C dan D/2013-2014 Bobos SKS : 2 (Dua)
Soal yang akan diujikan dibagi 2 tipe soal@ 5 (tipe A dan B)
Soal Nomor 1:
Manajemen kelas yang baik tidak lepas dari peran guru sebagai manajer kelas. Dalam menjalankan tugasnya, guru harus menguasai keterampilan dasar mengajar agar manajemen kelas bisa diterapkan sesuai yang diharapkan. Adapun keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai, diantaranya yaitu: keterampilan bertanya dan keterampilan memberikan penguatan. Jelaskan 2 (dua) keterampilan tersebut dan berikan contohnya masing-masing !
Soal Nomor 2:
Manajemen kelas dapat didefinisikan sebagai usaha yang dilakukan guru untuk mengendalikan dan mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, kondusif dan menyenangkan agar dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Bagaimana cara anda mewujudkannya, jelaskan langkah-langkahnya !
Soal Nomor 3:
Manajemen kelas meliputi 2 (dua) kegiatan, yaitu: pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas. Jelaskan apa saja yang termasuk kegiatan pengaturan siswa !
Soal Nomor 4:
Menajemen kelas dapat terlaksana dengan baik, jika didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Menurut anda, sarana dan prasarana apa saja yang sangat menentukan terwujudnya manajemen kelas yang baik ? jelaskan manfaat dan kegunaannya !
Soal Nomor 5:
Manajemen kelas dipengaruhi oleh 3 (tiga) faktor, yaitu kondisi fisik, kondisi sosio-emosional dan kondisi organisasional. Jelaskan apa saja yang termasuk faktor kondisi fisik dan kondisi sosio-emosional !
Soal Nomor 6:
Manajemen kelas yang baik tidak lepas dari peran guru sebagai manajer kelas. Dalam menjalankan tugasnya, guru harus menguasai keterampilan dasar mengajar agar manajemen kelas bisa diterapkan sesuai yang diharapkan. Adapun keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai, diantaranya yaitu: keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar. Jelaskan keterampilan tersebut dan berikan contohnya !
Soal Nomor 7:
Menurut anda, apa saja manfaat dan kegunaan mata kuliah manajemen kelas bagi jurusan PGSD, jelaskan !
Soal Nomor 8:
Manajemen kelas meliputi 2 (dua) kegiatan, yaitu: pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas. Jelaskan apa saja yang termasuk kegiatan pengaturan fasilitas !
Soal Nomor 9:
Ketika menerapkan manajemen kelas, terkadang ada peserta didik yang hiperaktif dan pendiam. Apa yang anda akan lakukan ketika menghadapi peserta didik yang hiperaktif dan pendiam di dalam satu kelas yang sama !
Soal Nomor 10:
Manajemen kelas dipengaruhi oleh 3 (tiga) faktor, yaitu kondisi fisik, kondisi sosio-emosional dan kondisi organisasional. Jelaskan apa saja yang termasuk faktor kondisi fisik dan kondisi sosio-emosional !
Manajemen kelas dapat didefinisikan sebagai usaha yang dilakukan guru untuk mengendalikan dan mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, kondusif dan menyenangkan agar dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Bagaimana cara anda mewujudkannya, jelaskan langkah-langkahnya !
Soal Nomor 3:
Manajemen kelas meliputi 2 (dua) kegiatan, yaitu: pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas. Jelaskan apa saja yang termasuk kegiatan pengaturan siswa !
Soal Nomor 4:
Menajemen kelas dapat terlaksana dengan baik, jika didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Menurut anda, sarana dan prasarana apa saja yang sangat menentukan terwujudnya manajemen kelas yang baik ? jelaskan manfaat dan kegunaannya !
Soal Nomor 5:
Manajemen kelas dipengaruhi oleh 3 (tiga) faktor, yaitu kondisi fisik, kondisi sosio-emosional dan kondisi organisasional. Jelaskan apa saja yang termasuk faktor kondisi fisik dan kondisi sosio-emosional !
Soal Nomor 6:
Manajemen kelas yang baik tidak lepas dari peran guru sebagai manajer kelas. Dalam menjalankan tugasnya, guru harus menguasai keterampilan dasar mengajar agar manajemen kelas bisa diterapkan sesuai yang diharapkan. Adapun keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai, diantaranya yaitu: keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar. Jelaskan keterampilan tersebut dan berikan contohnya !
Soal Nomor 7:
Menurut anda, apa saja manfaat dan kegunaan mata kuliah manajemen kelas bagi jurusan PGSD, jelaskan !
Soal Nomor 8:
Manajemen kelas meliputi 2 (dua) kegiatan, yaitu: pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas. Jelaskan apa saja yang termasuk kegiatan pengaturan fasilitas !
Soal Nomor 9:
Ketika menerapkan manajemen kelas, terkadang ada peserta didik yang hiperaktif dan pendiam. Apa yang anda akan lakukan ketika menghadapi peserta didik yang hiperaktif dan pendiam di dalam satu kelas yang sama !
Soal Nomor 10:
Manajemen kelas dipengaruhi oleh 3 (tiga) faktor, yaitu kondisi fisik, kondisi sosio-emosional dan kondisi organisasional. Jelaskan apa saja yang termasuk faktor kondisi fisik dan kondisi sosio-emosional !
Boleh minta jawaban nya ?
BalasHapusJawabannya
BalasHapus,ezzz,zzze,,,ze,eze,z,zzz,z,szzezezezsezezs,,zez,zzEzzzz,,ez,zeszzez,eeez,eeeeze,e,WeezezzzeezzSezzeezzzzz,zzzzz,,s,ee,zeee,ezz,e,eeez,ezeze,zzzzzezzzzzeeezzezezze,ezezez,e,ze,e,ze,,zze,eezeEze,,zze,Z,ezezzzezezzzzzezzzzZzzz,ze,zzeze,eez%<%|%%<|%%|<*,****3,****#3*3*3,3,%<|%,e,e,,,ee,,e,,e,zzezz,zzz,,eze,,,e,e,zzeze,ee,zee,ee,es,e,e,z,,,ze,z,,ez,,eeseze,e,e,ezz,e,e,,e,,ez,e,e,e,e,zzzezzee,ze,e,e,,z,z,es,e,,ee,e,e,ee,e,e,e,eze,w,e,e,e,e3#3,3,3,2,3,3e*eeeeeee3eww,e2*,**22222223*3wwwwwwwwwwwww
BalasHapus